Rasio Solvabilitas

Solvabilitas atau Leverage Ratioini mengukur perbandingan dana yang disediakan oleh pemilik dengan dana yang dipinjam perusahaan dari kreditur. Rasio ini menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban financialnya, baik jangka pendek maupun jangka panjang atau leverage ratio ini merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur sejauh mana aktiva perusahaan dibiayai dengan utang. Artinya berapa besar beban utang yang ditanggung sperusahaan dibandingkan dengan aktivanya. Dalam arti luas dikatakan bahwa Solvabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar seluruh kewajibannya, baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Jenis-jenis Rasio Solvabilitas atau Levarage yang digunakan:
Hasil gambar untuk rasio solvabilitas
a.    Total Debt to Total Asset Ratio
Merupakan perbandingan total utang dengan total aktiva. Rasio ini menunjukkan berapa total aktiva yang disediakan untuk meminjam utang perusahaan. Dalam kata lain, seberapa besar aktiva perusahaan dibiayai oleh utang atau seberapa besar utang perusahaan berpengaruh terhadap pengelola aktiva.
Rumus untuk mencari Debt Ratio dapat digunakan sebagai berikut :

Debt to Assets Ratio

b.    Total Debt to Equity Ratio
Merupakan perbandingan antara total utang dengan modal sendiri. Rasio ini menunjukkan berapa rupiah modal sendiri yang disediakan untuk membayar utang. Debt to equity ratio merupakan rasio yang digunakan untuk menilai utang dengan ekuitas. Rasio ini dicari dengan cara membandingkan antara seluruh utang, termasuk utang lancar dengan ekuitas

Debt to Equity Ratio

c.    Long Term Debt to Equity Ratio (LTDtER)
Merupakan perbandingan antara total utang jangka panjang dengan jumlah modal sendiri.  Rasio ini menunjukkan jaminan atas utang jangka panjang yang tersedia dari modal sendiri.
LTD to Equity Ratio
d.    Times Interest Earned
Merupakan perbandingan antara laba operasi (EBIT) dengan biaya bunga.Ratio ini adalah untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar bunga. Ratio ini mengkaitkan antara kemampuan perusahaan memperoleh laba dengan pembayaran bunga atas utang terutama utang jangka panjang. Dengan laba tersebut berarti perusahaan akan mampu membayar bunga yang menjadi kewajibannya.
Times Interest Earned  = 
e.    Fixed Charge Covarage

Merupakan rasio yang menyerupai Times Interest Earned Ratio. Hanya saja perbedaannya adalah rasio ini dilakukan apabila perusahaan memperoleh utang jangka panjang atau menyewa aktiva berdasarkan  kontrak kerja (Lease Contract). Biaya tetap merupakan biaya bunga ditambah kewajiban sewa tahunan atau utang jangka panjang

0 Response to "Rasio Solvabilitas"

Post a Comment

wdcfawqafwef